Monday, June 13, 2011

Tentang Mazda

Lahir sebagai Toyo Cork Kogyo Co pada tahun 1920, Mazda dimulai sebagai pabrik mesin-peralatan tapi berubah cepat untuk membuat kendaraan. Mobil Mazda pertama adalah Mazda-Go, sebuah truk tiga roda yang muncul pada tahun 1931 dan kemudian mulai diekspor ke Cina. Ini adalah satu-satunya mobil yang di produksi sampai Perang Dunia Kedua terjadi dan Mazda mulai membuat senapan.

mazda go

Setelah perang, produksi dan ekspor kendaraan di mulai lagi pada tahun 1949 dengan produk yang sama yaitu truk tiga roda. Truk dengan empat roda pertama adalah Mazda Romper yang diperkenalkan pada tahun 1958.



Mobil penumpang yang pertama hadir pada tahun 1960 yaitu Mazda R360 Coupe. Kerjasama Mazda dengan perusahaan pertama terjadi pada tahun 1961 dengan NSU / Wankel dan mulai memproduksi serta mengembangkan mesin rotary. Hal ini dilakukan untuk membedakan Mazda dari perusahaan-perusahaan Jepang lainnya. Untuk hari ini, Mazda adalah produsen satu-satunnya mesin Wankel rotary.

Apa yang Mazda lakukan berbuah manis karena model yang cepat mendapat nama sebagai kendaraan yang kuat namun ringan. Seri yang paling berhasil untuk Mazda yang akan menjadi R100 dan model RX yang akhirnya menyebabkan kemajuan bagi perusahaan.

Dimulai dengan 1970 Mazda mulai melirik pasar terbesar untuk mobil nya, yaitu Amerika Serikat, kemudian membuka cabang di Amerika Utara dengan nama Mazda North American Operations dan terbukti ini adalah resep yang jitu. Bahkan, model Mazda begitu sukses disana.

Pada tahun 1973 dan krisis minyak, mesin rotary Mazda yang haus bahan bakar, menyebabkan penurunan penjualan sehingga lahirlah model-model piston empat silinder dengan seri yang sangat terkenal yaitu seri Familia dan Capella tak lupa juga mx-5 atau miata.

Tapi Mazda tidak mau menyerah pada mobil sporty dan memutuskan untuk mengembangkan pabrik secara paralel yang akan memproduksi mobil di luar arus utama. Pada tahun 1978, mereka datang dengan RX7 yang sangat sporty dan kemudian dengan RX8.

Pada tahun 1979 Ford Motor Company menjadi investor di Mazda dengan saham mencapai 27% setelah penurunan keuangan perusahaan. Kemudian, di tahun 80-an, Ford menambah lagi sebanyak 20% sahamnya dan mulai membangun kendaraan dengan platform yang sama seperti menggunakan platform seri Familia untuk model Laser dan Escort atau Ford Escape dengan Mazda Tribute dan generasi baru Ford Focus dengan Mazda Axela serta membangun pabrik Mazda di Flat Rock, Michigan.

Untuk masa depan, Mazda akan berpikir maju kedepan serta akan bereksperimen, dengan mengembangkan sebuah mobil bertenaga hidrogen. Prototipe sejauh ini mencapai 200 kilometer.

sumber: autoevolution.com

0 comments:

Post a Comment